Pol PP Tertibkan Kendaraan Parkir Sembarangan di Kantor Gubernur

Kasi Operasi dan Pengendalian, Satpol PP Babel, Sandy Aji menempel stiker di kaca mobil yang parkir sembarangan.(foto: rell).

BKD BABEL -- Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Bangka Belitung (Babel), Dr. Yan Megawandi, SH., M.Si gerah melihat kendaraan yang parkir tak beraturan di lingkungan kantor Gubernur. Ia bahkan memerintahkan Satpol PP untuk melakukan penertiban dan penataan. "Parkir ini tentunya terkait dengan kenyamanan parkir, sudah ada tempat yang kita sediakan cuma kadang gak mereka gak," ungkapnya.

Ia menyebutkan, ada 3 alternatif yang akan dilakukan, kendataan dilarang parkir di tempat yang bukan untuk parkir, Satpol PP harus terus menerus mengawasi, dan pemprov akan menambah rambu-rambu tanda parkir. "Di beberapa pertemuan saya sudah sampaikan hal ini, dan Satpol PP harus mengawal itu, nanti akan kita lengkapi rambu-rambunya," tegasnya. Kasi Operasi dan Pengendalian, Satpol PP Babel, Sandy Aji menegaskan, pihaknya kemarin sudah melakukan penertiban terhadap kendaraan yang parkir sembarangan. "Penertiban parkir dilingkungan ini kita lakukan karena ada perintah tertulis dari Sekda. Dan memang kendaraan yang parkir diluar area parkir terlihat berantakan sekali," ujarnya.

Saat ini Satpol PP hanya melakukan penertiban dengan menempelkan stiker bertulis "Anda parkir ditempat yang salah" untuk memperingati si pemilik kendaraan. Stiker ditempel pada kendaraan roda dua dan roda empat yang berada diluar area parkir. "Jika masih ada yang melanggar, kita akan kerjasama dengan Dishub Babel untuk mengambil tindakan tegas dengan melakukan penderekan pada kendaraan-kendaraan ini. Kendaraan akan kita derek dan kita bawa ke kantor Satpol PP dan pemiliknya kita beri pembinaan," ingatnya.

Menurut Sandy, pemilik kendaraan yang parkir diluar area parkir ini dominan milik pegawai negeri sipil (PNS) yang ada di lingkungan Pemprov Babel. Para PNS sengaja memarkirkan kendaraanya diluar area parkir agar mudah dijangkau. "Alasan mereka parkir sembarangan karena tidak ada rambu-rambu dilarang parkir dan mereka lebih mudah menjangkau kantor, tidak mau berjalan jauh," sebutnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan memasang rambu-rambu dilarang parkir sebagai solusi lain untuk penertiban parkir dilingkungan Pemprov Babel.(as/BKD Babel)