PNS BKPSDM Babel Mendapatkan Pembinaan Rohani

Pangkalpinang – Pegawai yang bertugas di lingkungan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Kep. Babel) mengikuti kegiatan pembinaan rohani yang dilaksanakan satu kali dalam seminggu, hal ini diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah Pemprov. Kep. Babel Drs. Sahirman, M.Si yang diwakili oleh Kabid Bidang Penilaian Kinerja Aparatur, Informasi, Dan Fasilitasi Profesi ASN BKPSDMD Yudi Suhasri, S.Sos yang ditemui diruang kerjanya (Jum'at, 03/03/2017) yang lalu. Dalam penjelasannya, Yudi mengatakan bahwa kegiatan pembinaan rohani ini berawal dari adanya permintaan dari Kantor Kementrian Agama Kota Pangkalpinang, dimana pada tahun 2017 ini mereka (Kementrian agama Kota Pangkalpinang.red) memiliki program/kegiatan penyuluhan keagamaan yang dilaksanakan oleh tim penyuluh agama untuk turun langsung melakukan penyuluhan keagamaan ke masyarakat.

Tim penyuluh agama Kementrian Agama Kota Pangkalpinang ini sendiri baru terbentuk, yang mana sebelumnya penyuluh-penyuluh agama tersebut terlebih dahulu diangkat menjadi PNS pada tahun 2015 yang lalu. Yang menjadi salah satu tujuan atau sasaran pertama tim penyuluh agama Kementrian Agama Kota Pangkalpinang ini untuk diadakannya kegiatan pembinaan rohani ini adalah ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah kita ini.” jelas Yudi Lebih lanjut dikatakan Yudi, bahwa sebelumnya tim penyuluh agama Kementrian agama Kota Pangkalpinang ini telah mengajukan pemintaan kepada kita (BKPSDMD.red) untuk diadakannya pembinaan rohani bagi pegawai yang ada di lingkungan BKPSDMD Pemprov. Kep. Babel, yang kebetulan kegiatan itu juga ada dalam program/kegiatan yang dimiliki oleh BKPSDMD di tahun 2017 ini.

Untuk itu, kepala BKPSDMD Pemprov. Kep. Babel Drs. Sahirman, M.Si menyambut baik dan merasa sangat perlu diadakannya kegiatan pembinaan rohani ini, dan kemudian beliau (Sahirman.red) menyetujui permintaan dari Kementrian agama Kota Pangkalpinang tersebut yaitu untuk melakukan pembinaan rohani kepada pegawai baik PNS maupun honorer yang ada di lingkungan BKPSDMD ini terkhusus bagi yang beragama muslim, yang dilaksanakan satu kali dalam seminggu yaitu setiap hari Kamis, pukul 10.00 – 11.30 WIB, bertempat dimesjid BKPSDMD Pemprov. Kep. Babel.” kata Yudi Dalam pelaksanaannya, tambah Yudi, kegiatan pembinaan rohani ini tidak hanya diisi dengan ceramah agama saja, namun juga dengan di selingi untuk belajar membaca Al-Quran, dan itu dimulai dari dasar yaitu belajar Ikra bagi yang belum lancar membaca Al-Quran dan untuk yang sudah lancar membaca Al-Quran, dilanjutkan dengan mengkaji isi dari Alquran tersebut. “Mengingat kegiatan ini dilaksanakan pada hari dan jam kerja, maka kegiatan ini tidak bersifat wajib untuk diikuti oleh pegawai BKPSDMD yang pada saat itu memiliki pekerjaan yang sifatnya mendesak untuk segera diselesaikan, namun bagi pegawai yang saat itu tidak memiliki pekerjaan yang mendesak, diharapkan untuk mengikuti kegiatan pembinaan rohani ini.

Dalam kehidupan ini tak hanya kesejahteraan dalam hal materi saja yang harus kita cari, namun lebih dari itu hal yang paling utama dan harus kita cari serta kita penuhi dalam hidup ini adalah kesejahteraan rohani kita. Untuk itu, mari kita ikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.” ajak Yudi Di harapkan dengan adanya kegiatan ini, pegawai di lingkungan BKPSDMD Pemprov. Kep. Babel akan memiliki pengetahuan tentang agama yang merupakan modal dasar dalam kehidupan baik di dunia maupun sebagai bekal di akherat nanti, dengan begitu pegawai kita dapat dan mampu bekerja kearah yang lebih baik.” harap Yudi (wv/ah/BKPSDMD Babel 2017).