Plt Gubernur Minta Birokrasi Netral

BKD BABEL -- Plt Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Dr. Ir. Yuswandi Arsyad Temenggung, MA., M.Sc menilai, proses demokrasi dalam rangka pemilihan gubernur (Pilgub) 2017 di Babel masih berlangsung aman dan kondusif.

Ia menilai, semua kandidat menjalankan masa kampanye ini dengan baik dan tidak ada gejolak di masyarakat, sehingga tidak terjadi pelanggaran berat yang menyita perhatian publik. "Semua kontestan berpegang pada norma yang ada, diatur KPU dan diawasi Bawaslu, bagaimana rating pelanggaran se-Indonesia tak masuk di Babel," katanya. Yuswandi juga bepresan, agar para kandidat dapat bersaing sehat selama proses demokrasi berlangsung, dan PNS diingatkan kembali untuk menjaga netralitasnya.

"Bagi kita birokrasi saya minta netral, siapapun yang terpilih itulkah pilihan masyarakat, birokrasi tetap dituntut untuk berjalan sesuai sistem, dan ini siklus 5 tahunan, pasti berulang," tegasnya. Terkait persoalan DPT, Yuswandi meyakini persoalan ini dpaat diatasi, termasuk solusi yang akan dilakukan yang sudah diatur dalam Undang-Undang dan PKPU. "Termasuk bagaimana yang  belum punya e-KTP bisa pakai surat keterangan dari Dukcapil, kita akan integrasikan pendataan kependudukan termasuk pemilih melalui sistem di pencatatan sipil," tutup Yuswandi. (as/BKD Babel)