Diklat TOC Diharapkan Mampu Ciptakan Penyelenggara Diklat Yang Profesional

Pangkalpinang – Setelah melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Management of Training (MOT) yang berlangsung dari tanggal 13 Februari sampai dengan 25 Februari 2017 yang lalu, Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Kep. Babel) kembali melaksanakan kegiatan Diklat Training Officer Course (TOC). Peserta diklat TOC diikuti sebanyak 30 orang, yang merupakan staf potensial pengelola Diklat BKPSDM Provinsi, Kabupaten dan Kota dalam wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Sub Bidang Pengembangan Kompetensi Teknis Dan Fungsional BKPSDMD Pemprov. Kep. Babel, yang juga merupakan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Diklat TOC Karang Karidi, S. Ag pada saat acara pembukaan kegiatan Diklat TOC di  Aula Graha Najar Praja BKPSDMD (Selasa, 14/03/2017).   

Dalam laporannya, Karang Karidi menjelaskan, bahwa Kegiatan Diklat TOC ini akan berlangsung selama 10 (sepuluh) hari kedepan, yaitu di mulai dari tanggal 14 Maret sampai dengan 25 Maret 2017, dimana kegiatan pembelajaran dibagi menjadi 2 metode yaitu, pembelajaran di dalam kelas yang akan dilaksanakan selama 7 (tujuh) hari bertempat di BKPSDMD Prov. Kep. Babel, yang kemudian dilanjutkan dengan study lapangan selama 3 (tiga) hari bertempat di Balai Pusat Pelatihan Kesehatan Cilandak, Jakarta.

Selanjutnya Karang Karidi memaparkan apa saja yang merupakan materi kegiatan Diklat TOC yang  dijadwalkan sebanyak 87 jam tersebut, materi pembelajaran Diklat TOC ini terdiri dari; kebijakan diklat aparatur; Building Learning Commitment; pembekalan awal; pengarahan program Diklat; koordinasi penyelenggaraan Diklat; etika penyelenggaraan Diklat; etos kerja penyelenggara Diklat; penjelasan study lapangan; keselamatan  dan kesehatan kerja dalam lingkungan Diklat; kebutuhan peserta Diklat; fasilitas Diklat; administrasi penyelenggaraan Diklat; study lapangan, penyusunan laporan studi lapangan dan seminar study lapangan. Sedangkan untuk tenaga pengajar kegiatan Diklat TOC ini berasal dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI dan Widyaiswara Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah Pemprov. Kep. Babel.” papar Karang Karidi

Sebelum menutup laporannya, karang karidi mengatakan setidak ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan Diklat TOC tersebut, diantaranya peserta diharapkan akan mampu memahami tugas dan tanggung jawab sebagai penyelenggara diklat yang baik dan profesional melalui pembangunan kurikulum pembelajaran, meningkatkan kemampuan penyelenggara diklat dalam mempersiapkan, mengkoordinasikan, dan melaksanakan penyelenggaraan diklat.” tutup Karang Karidi. (wv/ah/BKPSDMD Babel 2017)