Babel Terima 1110 CPNS Tahun 2013

JAKARTA – Menteri PAN-RB Azwar Ababakar menyampaikan perkembangan ini dalam Rapat Koordinasi Pengadaan CPNS 2013 di Jakarta kemarin. Azwar merinci bahwa seluruh instansi yang memperoleh alokasi CPNS baru dari pelamar umum itu tersebar di pusat maupun daerah. Rinciannya adalah untuk 68 unit instansi pusat (kementerian/lembaga), 30 unit instansi pemerintah provinsi (pemprov), dan 227 unit instansi pemerintah kabupaten dan kota (pemkab/pemkot).

“Rincian instansinya saya tidak hafal. Jumlah lowongannya seperti yang sudah saya sebutkan beberapa waktu lalu,” kata dia. Yakni untuk instansi pusat tersedia 20 ribu kursi sedangkan instansi daerah ada 40 ribu kursi.
Sementara berdasarkan informasi yang harian ini terima dari Jakarta usai rapat koordinasi tadi malam, untuk Bangka Belitung bakal menerima 1110 CPNS baru. Rincinya untuk Provinsi sebanyak 217, Bangka Barat 159, Bangka Selatan 161, Bangka Tengah 212, Belitung 174, dan Belitung Timur 187. Sementara Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka tahun ini tidak ada penerimaan CPNS.

Sayangnya, belum diketahui secara jelas masing-masing formasi. Pasalnya dalam rapat tersebut hanya dibagi kuota saja. Formasi CPNS selangkapnya menjadi urusan bagi pemerintah daerah masing-masing.
Azwar mengatakan untuk instansi pusat pihaknya meminta tambahan lagi sebesar 5 ribu kursi, tetapi belum mendapatkan jawaban tertulis dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Diantara tambahan alokasi CPNS baru itu bakal disalurkan untuk Kemenkes. “Mereka bilang kekurangan tenaga urusan pajak. Karena Kemenkeu berjanji bakal menggenjot penerimaan pajak,” kata dia.

Sedangkan untuk instasi daerah, Azwar mengatakan jumlahnya tetap berkisar 40 ribu kursi. “Itu saja belum terserap penuh jika diturunkan dalam formasi,” katanya. Jadi Azwar mengatakan bahwa jumlah alokasi untuk instansi daerah tadi masih bersifat sementara.

Hingga kemarin Kemen PAN-RB belum melansir secara rinci nama-nama instansi yang mendapatkan alokasi CPNS dari pelamar umum atau non tenaga honorer. Alasannya masih ada 10 instansi yang menunggu teken atau persetujuan Menteri PAN-RB. “Insyallah baru besok (hari ini.red) boleh dipublikasi rinciannya,” ujar salah satu petugas data Kemen PAN-RB.
Azwar menuturkan bahwa ada banyak alasan instansi tidak menerima alokasi CPNS dari pelamar umum. Yakni instansi tersebut memang sama sekali tidak meminta formasi atau alokasi CPNS baru pelamar umum. “Meskipun yang lain meminta jatah, bisa saja ada instansi yang tidak minta. Apakah tidak boleh,” tandasnya lantas tertawa.

Menteri sekaligus petinggi Partai Amanas Nasional (PAN) itu menuturkan, instansi yang tidak meminta jatah CPNS baru dari pelamar umum itu bisa memiliki banyak alasan. Diantaranya adalah jumlah PNS di instansi itu masih penuh atau kekurangan CPNS baru cukup ditambal dari alokasi pengangkatan CPNS baru dari pelamar tenaga honorer kategori II (KII).
Khusus untuk penerimaan pelamar tenaga honorer ini, hanya diikuti tenaga honorer KII yang memenuhi kriteria. Saat ini jumlah tenaga honorer KII yang siap mengikuti tes sebesar 611 ribu orang lebih. Padahal yang alokasi CPNS baru dari pelamar tenaga honorer KII hanya sepertiganya saja.

Tes untuk kelompok ini menggunakan lembar jawaban komputer, sedangkan untuk pelamar umum menggunakan computer Assisted Test (CAT).
Instansi yang tidak menerima alokasi CPNS baru juga bisa disebabkan karena belanja pegawainya lebih dari 50 persen dari APBD yang disiapkan. “Aturan ini tetap dijalankan sebagai hasil dari kebijakan moratorium penerimaan CPNS baru dulu,” ujar Azwar.

Selanjutnya Azwar juga mengatakan penerimaan tes CPNS baru 2013 menggunakan kebijakan afirmasi. Pemerintah menyiapkan 62 formasi di kementerian/lembaga untuk pelamar cacat/disabilitas. Selain itu ada 140 untuk atlet berprestasi sebagai pelatih olahraga yang ditempatkan di provinsi, kabupaten, dan kota. Lalu juga ada 100 formasi untuk putra-putri potensial dari Papua dan Papua Barat. (wan)

Jumlah Alokasi CPNC se-Babel

Pemerintah Daerah Jumlah
Provinsi 217
Bangka Barat 159
Bangka Selatan 161
Bangka Tengah 212
Belitung 174
Belitung Timur 187

Baca Juga :

- Nih "Bocoran" Tes CPNS untuk Sistem CAT

- Penetapan Formasi CPNS 2013 akan dibagikan

- 295 Instansi akan Rekrut CPNS Pelamar Umum

- Dalam 1 Hari, Peserta Seleksi CPNS Capai 700 Orang

Sumber: 
http://www.harianbabelpos.com/