18 Orang Praja IPDN Magang di Pemprov Babel

Pangkalpinang – Sebanyak 18 orang praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) angkatan yang juga berasal dari Provinsi Bangka Belitung mendatangi Badan Kepegawaian dan Pengembangan sumber Daya Manusaia Daerah (BKPSDMD) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Kep. Babel), kedatangan praja IPDN yang didampingi oleh Bambang yang juga merupakan seorang Dekan Fakultas Menejemen di kampus IPDN di Jatinangor – Jawa Barat tersebut adalah bertujuan untuk melaksanakan kegiatan penelitian dan magang di beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemprov. Kep. Babel.

Dalam kesempatan itu Bambang yang merupakan perwakilan pihak kampus IPDN menjelaskan maksud dan tujuan kedatangannya bersama 18 orang praja IPDN adalah untuk melaksanakan kegiatan penelitian dan magang di SKPD-SKPD dilingkungan Pemprov. Kep. Babel, dimana dalam pelaksanaannya penelitian dan magang tersebut dilaksanaan secara bersamaan.

Dalam proses penelitian dan magang tersebut intinya praja akan mencari data dan mencari pengalaman kerja, yang kemudian pengalaman yang diperoleh selama magang ini akan dituangkan dalam bentuk laporan akhir bagi praja yang Diploma IV dan Sekripsi bagi praja Strata 1 (S1).” Jelas Bambang Terkait hal tersebut, kami pihak kampus IPDN mohon berkenan bila ada praja-praja kami ini yang membutuhkan data agar kiranya pihak Pemprov. Kep. Babel dapat memberikan data yang dimaksud, namun permintaan data tersebut tidak bermaksud untuk mengorek-orek informasi yang tidak berhubungan dengan penelitian praja IPDN, tetapi data tersebut akan berguna bagi praja-praja untuk menjadi bahan belajar menulis yang artinya menulis yang baik itu seperti apa.” Papar Bambang.

Menanggapi hal tersebut kepala BKPSDMD Drs. H. Sahirman, M.Si menyambut baik dan mengucapkan terimakasih atas kedatangan praja-praja dan Dekan Fakultas Menejemen kampus IPDN, terlebih lagi kedatangan praja IPDN tersebut bertujuan untuk melakukan kegiatan penelitian dan magang di Pemprov. Kep. Babel. “Kami senang dan kami (Pemprov. Kep. Babel.red) memfasilitasi demi kelancaran tugas praja-praja IPDN selama pelaksanaan penelitian dan magang di Provinsi ini, hendaknya jagan segan untuk bertanya, jangan segan untuk meminta informasi karena kami akan terbuka untuk itu.” Kata Sahirman Dalam arahannya, Sahirman juga memberikan apresiasi kepada praja-praja IPDN tersebut, karena menurutnya praja IPDN adalah orang-orang pilihan, tidak sembarangan orang bisa masuk menjadi praja IPDN.” ucap Sahirman.

Untuk itu, Sahirman berharap, “tampilah seperti orang-orang pilihan, ingat jati diri itu. Namun bukan berarti membedakan diri dengan orang lain, artinya kita sudah menjadi orang pilihan itu berarti etika kita harus nomor satu, disiplinnya baik, sopan santunnya baik dan kemampuan beradaptasinya juga lebih unggul dari orang lain, karena mereka (praja IPDN.red) sudah digodok secara sistematis selama proses pendidikan baik itu fisik maupun mentalnya.” “Selamat bertugas bagi praja-praja sekalian, kejarlah cita-cita stinggi-tingginya, terlebih lagi dapat memberikan kemaslahatan bagi orang banyak khusunya bagi Provinsi yang kita cintai ini yaitu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.” tutup Sahirman. (wv/ah- BKPSDMD Babel)