10 Oktober, Mulai Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS 2014

Pangkalpinang – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Pemprov Babel) Haryoso, SH,  menyampaikan bahwa sejak ditutupnya pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemprov Babel pada tanggal 29 September 2014, terdapat sebanyak 4.200 pelamar yang mendaftar secara online untuk semua kualifikasi pendidikan (SLTA, DIII, S1 dan Dokter Spesialis), sedangkan pelamar yang menyampaikan berkas sampai hari terakhir penutupan penerimaan tanggal 01 Oktober 2014, berkas sebanyak 3.682 berkas lamaran.

Kemudian dilakukan seleksi administrasi verifikasi berkas lamaran yang masuk dimulai tanggal 02 – 09 Oktober 2014. Hasil dari seleksi administrasi terhadap berkas lamaran baik yang Memenuhi Syarat (MS) maupun Tidak Memenuhi Syarat (TMS) diumumkan di Website  BKD Pemprov Babel www.bkd.babelprov.go.id dan papan pengumuman pada tanggal 10 – 18 Oktober 2014.

Dalam pengumuman itu juga akan ditampil kan alasan-alasan bagi pelamar yang dinyatakan tidak lulus seleksi adminitrasi.  Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi (Memenuhi Syarat) dapat mengambil kartu ujian CPNS pada tanggal 21 – 23 Oktober 2014 bertempat di gedung Arsip BKD Pemprov Babel. SedangkanAnchor jam-jam pengambilan kartu ujian akan dibagi berdasarkan waktu yang telah ditentukan. Hal ini, untuk menghindari panjangnya antrian saat pengambilan kartu ujian tersebut. Pengambilan kartu ujian harus diambil sendiri oleh peserta bersangkutan dengan menunjukkan identitas diri (KTP, SIM).

Bersamaan dengan pengambilan kartu ujian akan diumumkan waktu pelaksanaan tes baik hari maupun jam tes masing-masing peserta sesuai dengan nomor ujian. 

Lebih lanjut Haryoso mengatakan, Tes Kopetensi Dasar (TKD) penerimaan CPNS Pemprov Babel tahun 2014 berdasarkan jadwal tentative yang telah disampaikan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional VII akan dimulai pada tanggal 27 Oktober 2014, sedangkan jumlah harinya disesuaikan dengan jumlah pelamar yang dinyatakan lulus dalam seleksi administrasi.

Haryoso menambahkan ada tiga materi yang akan diujikan dalam tesTKD di antaranya tes wawasan kebangsaan sebanyak 35 soal, tes intelegensi umum sebanyak 30 soal dan tes karakteristik pribadi sebanyak 35 soal. Dari ketiga materi TKD tersebut, memiliki nilai ambang batas (passing grade). Adapun nilai passing grade dari masing-masing materi sebagaiberikut; tes wawasan kebangsaan dengan nilai passing grade 70, tes intelegensi umum dengan nilai passing grade 75 dan tes karakteristik pribadi dengan passing grade 126.

Untuk sarana dan prasarana TKD dengan system Computer Assisted Test (CAT) Haryoso menyatakan, Pemprov Babel telah siap dan telah melakukan uji coba terhadap komputer yang akan digunakan saat tes TKD nanti, yang bertujuan untuk menghindari terjadinya permasalahan (eror) pada komputer CAT tersebut.

Terkait permasalahan listrik, BKD Pemprov Babel telah berkoordinasi dengan PLN untuk tidak dilakukan pemadaman listrik di lingkungan perkantoran Pemprov Babel pada hari-hari pelaksanaan tes. Disamping itu, BKD Pemprov Babel juga berkoordinasi dengan Biro Umum Pemprov Babel untuk membantu menyiapkan listrik menggunakan Diesel untuk mengantisipasi kekurangan daya listrik saat pelaksanaan TKD nanti.

Haryoso mengimbau agar seluruh peserta untuk belajar dengan baik dan serius, dan jangan mendengar ataupun mempercayai isu-isu dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab dengan menjanjikan kelulusan tes seleksi penerimaan CPNS ini. Karena seleksi penerimaan CPNS tahun 2014 ini dilaksanakan dengan sistem CAT, dimana saat peserta sedang mengikuti ujian didalam ruangan hasilnya dapat langsung dilihat oleh masyarakat umum diluar ruangan tes lewat layar (infokus) yang telah disediakan oleh panitia. Artinya, tidak akan ada kesempatan bagi pihak mana pun untuk melakukan kecurangan terkait dengan hasil ujian tersebut,” tutup Haryoso. (wv/ah/BKD Babel).